Wednesday, May 11, 2022

Monday, April 18, 2022

Tuesday, March 22, 2022

Dikunjungi mas covid19

Hari ini tanggal cantik 22-3-22 ... he...he... mau cerita tentang kunjungan mas covid 19 ke keluarga kami,  kemungkinan besar yang datang berkunjung adalah salah satu anggota keluarga mas covid19 yang dinamakan omicron yang saat ini varian tersebut lebih dominan perkembangannya. Walaupun ini hanya dugaan saja, karena kami tidak melakukan test laboratorium khusus untuk mengetahui varian tersebut.

Cerita bermula, ketika kami sekeluarga memutuskan untuk berlibur ke Bandung pada hari Jum'at tanggal 25 Februari 2022 sekalian  mengunjungi anak kami Hifzhan yang pada hari tersebut sedang sidang ujian skripsi. Kami berangkat pagi hari dari Bintaro dan untuk sarapan paginya direncanakan singgah di sate Maranggi haji Yetty di Purwakarta, jadi kami keluar tol di exit Sadang menuju resto tersebut yang sudah buka sejak pukul 8 an. Setelah makan sate kambing dan sapi serta sop kaki kambing yang lezatos ini, kami kembali masuk tol menuju Bandung.

Sewaktu di Bandung ini kami melakukan syukuran atas kelulusan ujian skripsi Hifzhan dengan berkumpul bersama keluarga adik-adik suamiku. Acara bareng2 dengan keluarga ini dimulai dari Sabtu pagi tanggal 26 Februari 2022, olah raga dan sarapan bareng di sekitar pasar Cihapit dan dilanjutkan dengan makan malam bersama di resto "Its nice to meat You" di daerah jl Ciliwung. Semuanya berjalan lancar dan menyenangkan, sayangnya keluarga anakku Afifa dan salah seorang keponakan kami tidak bisa hadir ke Bandung karena Afifa hari Sabtu pagi masih bekerja di Jakarta dan keponakan kami sedang tugas ke luar kota.

Hari Minggu tanggal 27 Februari 2022 kami kembali ke Bintaro, di perjalanan aku telpon ke anakku Afifa dan ternyata tanpa diskusi dengan kami dia sudah dalam perjalanan menuju Bandung, kalau tau dia ke Bandung tentunya kami bisa menginap satu malam lagi di Bandung sehingga bisa full team kumpul anak-mantu-cucu, ternyata  ada hikmah juga kami tidak bisa berkumpul tersebut.

Pada hari Senin tanggal 28 Februari 2022 aku berpuasa sunnah, tapi bangun paginya kog terasa nggak enak di tenggorokan ... kering seperti gejala akan flu... aku pikir mungkin karena berpuasa dan tidak bisa minum jadi terasa kering, namun pada hari tersebut aku langsung mulai bermasker selama 24 jam untuk jaga2 agar tidak tertular ke anggota keluarga lainnya di rumah.

Kemudian di hari Selasa tanggal 1 Maret 2022 kog gejala tenggorokan kering itu masih berlanjut dan terasa meriang juga, walaupun jika diukur suhu tubuh normal, tidak demam. Mulai muncul kecurigaan ... jangan-jangan terkena covid19 ini, aku langsung tanya ke suami dan anak-anakku apakah mereka merasakan gejala yang sama .. ternyata Fathur juga merasakan gejala yang sama, begitu pula Hifzhan yang tinggal di Bandung, namun suamiku tidak merasakan gejala.

Pada hari Rabu tanggal 2 Maret 2022, Hifzhan melakukan test antigen dan hasilnya negatif, sedikit lega ... namun gejala yang aku dan anak-2ku rasakan tidak juga hilang. Aku juga bertanya ke keluarga adik-adik ipar apakah mereka merasakan gejala seperti yang kami alami dan ternyata mereka juga merasakan gejala yang sama. Akhirnya hari Kamis tanggal 3 Maret 2022, kami melakukan test antigen dan ternyata hasil testku positif, namun Fathur dan suamiku negatif.

Karena hasil test antigenku positif, dari laboratorium yang terhubung ke Kemenkes, langsung muncul message di WA aku untuk melakukan telemedicine dengan provider yang sudah tersedia secara gratis, aplikasi Peduli Lindungipun langsung berwarna hitam, sehingga pasien tidak bisa masuk ke area publik.

Oh ya untuk pasien yang OTG atau gejala ringan, akan mendapat vitamin gratis dari Kemenkes yang dikirim ke alamat pasien setelah konsultasi dokter dan diresepkan melalui telemedicine, terima kasih untuk kemenkes/Pemerintah yang sudah menfasilitasi hal ini.

Pada hari Jumat tanggal 4 Maret 2022 Hifzhan yang tinggal di Bandung kembali melakukan test antigen ulang ternyata hasilnya positif; karena Fathur juga ada gejala, kami mengasumsikan dia juga positif sehingga mulailah kami melakukan isolasi mandiri.

Keluarga adik ipar yang di Bandung juga melakukan test dan 5 orang positif (termasuk ARTnya), jadi anggota keluarga kami yang kumpul2 bareng di Bandung itu 7 dari 10 orang dinyatakan positif covid19. Karena keluarga Afifa juga pada hari Minggu ada ketemu dengan Hifzhan dan para sepupu, walaupun tidak bergejala, dia juga melakukan test antigen dan hasilnya negatif.

Alhamdulillah gejala yang kami rasakan ringan ... aku hanya merasakan tenggorokan kering, gejala tersebut hilang timbul dan baru benar-benar hilang pada hari ke 8 dari hari pertama aku merasakan gejala. Fathur dan Hifzhan ada merasakan sedikit flu dan batuk. Atas rahmat Allah SWT, sepertinya antibodi kami sudah terbentuk, sehingga kemungkinan besar virusnya bisa teratasi oleh antibodi dan gejala yang timbul dari covid19 ini ringan saja, sebagai informasi kami sekeluarga sudah melakukan vaksin 1 dan 2 serta booster.

Setelah dirunut2 kapan kami terpapar virus tersebut dan siapa yang membawa virus pertama kali ... aku teringat ketika kami makan di sate Maranggi Purwakarta ... ada satu keluarga yang batuk bersamaan .. karena mereka sedang makan, tentu saja tidak dipakai maskernya dan mungkin ketika batuk .. virusnya bisa terdispersi ke meja kami, waktu itu aku sudah bergeser menghindar .. tapi mungkin karena yang batuk lebih dari satu orang .. viral loadnya mungkin banyak dan qadarullah tertular ke kami.

Sesuai protokol dari Kemenkes, pada H+10 yaitu tanggal 13 Maret 2022 aplikasi Peduli Lindungi aku kembali normal .. artinya aku sudah bisa masuk kembali ke area publik. Alhamdulillah ... semoga dengan terpaparnya virus covid19 tersebut, daya tahan tubuh kami bisa lebih baik lagi karena sudah mendapat tambahan vaksin alami dari Allah SWT. Semoga virus covid19 ini segera lenyap dan kehidupan kita kembali normal seperti sedia kala.

Tuesday, February 22, 2022

Friday, January 21, 2022

Sunday, December 12, 2021

Mendadak Liburan ke Jawa Tengah

kuliner Solo
Hari Senin 6 Des 2021 ada urusan mendadak di Bandung; sambil packing  kami berdiskusi … yuk sekalian aja  jalan2 ke Jawa Tengah via tol (karena belum pernah) sambil singgah di kota2 di jalur tol tersebut yang juga belum pernah dikunjungi.

Hari Selasa 7 Des 2021, perjalanan dari Bandung ke Jawa Tengah  dimulai .. mau kemana ya ? bingung .. bismillah berangkat saja dulu ..  di mobil didiskusikan kota tujuan .. mulailah telpon sana sini; googling hotel2 .. hasil diskusi diputuskan ke Solo saja karena belum pernah menginap di sini .. ternyata menemukan hotel yg kosong di Solo juga sulit karena hotel yg diincar pada penuh; dapat tempat menginap di salah satu hotel yg sudah tua tapi letaknya di kota. Besoknya pindah hotel dan nginap semalam lagi di Solo. Di Solo ini kami sempat wisata kuliner dan berkunjung ke The Heritage Palace di Solo Baru untuk foto lucu2an.

Salatiga
Rencananya lanjut ke Magelang; namun belum dapat juga hotel di Magelang; ya sudah kami ke Salatiga saja yang hotelnya tersedia dan tidak jauh dari Solo .. karena katanya bisa lihat view gunung juga (Telomoyo dan Merbabu) .. ternyata sampai di kota ini masih hujan terus menerus, jadinya kami hanya sempat keliling kota dengan gocar; besoknya kami tersesat ketika mencari jalan untuk melihat spot gunung Telomoyo .. bubarlah rencana akan foto2 dengan view gunung ha..ha dan karena hari itu hari Jumat .. segera kembali ke kota karena suami akan sholat Jumat.

10 Des 2021; setelah sholat Jumat .. perjalanan dilanjutkan ke Pekalongan .. hujan deras di tol; menginap satu malam di Pekalongan; sempat jalan2 pagi di sekitar alun2; lihat kampung batik Kauman yang letaknya dekat hotel tempat kami menginap dan lanjut makan sate kambing muda Ghonam.

Hari Sabtu 11 Des 2021 siang .. perjalanan pulang dimulai; tadinya mau nginap di Cirebon .. hotel penuh karena weekend dan banyak kantor2 melakukan gathering; lanjut lagi mungkin bisa nginap di Majalengka sekalian lihat bandara Kertajati.

The Heritage Palace - Solo
Keluarlah kami dari jalan tol menuju kota Majalengka .. ternyata hotel yang dituju lumayan jauh dari pintu tol; berubah pikiran lagi; putar balik dan kembali masuk ke jalan tol melanjutkan perjalanan menuju Jakarta; berharap bisa menginap  di Purwakarta saja; ternyata di sini hotel juga penuh; lanjut lagi ke Karawang.. mau nginap di sini karena sdh hampir maghrib dan suami sudah terlalu lelah menyupir mobil; banyak hotel yg kami telpon dan lihat via traveloka sudah “sold out”.

Akhirnya dapat tempat di salah satu hotel di Kawasan Industri Karawang Timur  .. sampai di hotel tsb .. ternyata harus nunggu 1 sd 2 jam karena baru akan dibersihkan .. waduuh ..  suami bilang makan malam saja dulu di restonya sambil menunggu .. lihat waze perjalanan ke rumah sekitar 1,5 jam .. ya sudah mendingan pulang saja dari pada menunggu lebih lama. Cerita liburanpun berakhir .. ha..ha lucu juga kalau diingat2 .. liburan kali ini bener2 menikmati jalan tol dan pindah makan dan tidur saja … tidak ada wisata alam yang dapat dilakukan.

Alhamdulillah kami bisa kembali ke rumah dengan sehat & selamat .. sempat ada kejadian “near miss” di jalan tol yang bikin sport jantung .. mobil kami sempat tergelincir di genangan hujan (aqua planing) karena hujan deras dan hampir menabrak tembok pembatas tol .. bersyukur pada Allah SWT kami masih terhindar dari kecelakaan ... segera beristighfar sambil terus berdoa.
The Heritage Palace - Solo
Moral of story … jangan liburan di bulan Desember tanpa planning / reserve hotel .. karena hotel2 penuh dengan acara2 rombongan kantor yg rapat akhir tahun; gathering dll; selain itu bulan Desember biasanya sudah masuk musim hujan .. agak berbahaya di perjalanan darat/tol (ada beberapa ruas jalan yang tergenang air hujan) .. dan kemungkinan sulit juga untuk bisa wisata alam karena hujan deras yang awet banget.

Monday, November 15, 2021

Monday, October 25, 2021

Refreshing ke Bogor

May be an image of flower and outdoors
Pada tanggal 5 Oktober 2021 yang lalu, tiba-tiba kepikiran untuk  piknik/refreshing, karena masih ada pembatasan2 untuk berkegiatan karena adanya pandemi covid19 (PPKM) .. kami memilih ke Bogor saja yang relatif dekat dan menginap di sebuah hotel yang terletak di depan Kebon Raya Bogor agar bisa olah raga. tentu saja tidak lupa untuk wisata kuliner ketika makan siang dan makan malam.
 May be an image of food and indoor
Alhamdulillah .. keesokan harinya kami bisa olahraga pagi menghirup udara segar .. jalan kaki di kebun raya Bogor, lumayan berkeringat kena sinar matahari dan hati senang sehingga diharapkan daya tahan tubuh meningkat. Karena kami pikniknya di hari kerja ... suasana kebun raya Bogor tidak terlalu ramai dan bisa leluasa foto2 he...he.
May be an image of standing, road and tree
 May be an image of one or more people, people standing, outdoors and tree
Untuk jalan-jalan mengelilingi kebun raya Bogor ada beberapa alat transportasi yang bisa disewa yaitu shuttle car/bus; golf car; skuter dan sepeda. Namun karena kami niatnya mau olah raga ... yach kita memilih jalan kaki saja ... karena sudah faktor U terasa berat juga beban lutut waktu berjalan sehingga tidak semua area tanaman / pepohonan bisa didatangi. In Syaa Allah jika berkunjung lagi di lain waktu .. mungkin akan sewa kendaraan agar dapat melihat semua isi kebun 😊

Wednesday, September 22, 2021

Wednesday, August 25, 2021

Jalan-jalan ke Garut

Pada tanggal 22-24 Agustus 2021; mumpung anak2 libur kuliah kami sempatkan refreshing ke kota Garut, kalo ortunya sekarang sudah bebas .. pensiunan ... bisa liburan kapan saja; Alhamdulillah.
May be an image of one or more people, people standing, tree and mountain

May be an image of mountain
Di Garut .. kami menginap di hotel Santika ... dari balkon kamar tempat kami menginap terlihat pemandangan yang indah. Tidak banyak tempat wisata yang bisa didatangi karena dalam masa PPKM ini hampir semua tempat wisata dan resto2 yang direkomendasikan via google di Garut tutup; yang buka hanya Kamojang Fillage (disini ada beberapa spot foto yang menarik);
 May be an image of one or more people and outdoors
Awalnya kami ingin ke kebun Mawar ternyata tutup; lalu oleh petugas disarankan ke Kamojang Village .. kog nggak ketemu pakai waze ternyata keywordnya Kamojang Fillage. Khasnya logat Sunda huruf V; F dan P sering tertukar 😊. Di Kamojang Fillage ini anak-anak sempat foto2 di ayunan yang tinggi ... kalau aku dan suami tidak berani .. takut ... faktor U. 😢
 May be an image of outdoors
Sempat juga jalan-jalan ke Situ Bagendit .. namun nggak jadi turun dan foto2 karena kondisi situ/danau tersebut saat ini memprihatinkan dan tidak terawat sbg spot wisata; sayang sekali ya.

Friday, July 30, 2021

Monday, June 21, 2021

Sunday, May 09, 2021

Tiba Usia Pensiun

Tanggal 9 Mei 2021 ini usiaku tepat 56 tahun, Alhamdulillah .. segala syukur kupanjatkan kepada Allah SWT dengan doa semoga Allah SWT menganugerahkan aku keselamatan iman Islam; kesehatan yang baik; ilmu yang bertambah dan bermanfaat; keberkahan rezeki dan husnul khatimah serta bahagia dunia & akhirat. Aamiin Ya Rabbal/alamin.

Sesuai aturan perusahaan tempat aku bekerja, beberapa hari lagi karena digenapkan ke akhir bulan yaitu tanggal 31 Mei 2021 aku akan pensiun. Berbagai rasa yang muncul antara senang; sedih; khawatir berpadu jadi satu.

Rasa senang karena akan punya waktu yang relatif bebas dan tidak lagi terikat dengan waktu kerja dan pekerjaan kantor ...

Rasa sedih karena kehilangan rutinitas dan aktifitas berfikir yang telah 30 tahun kujalani, kehilangan teman-teman kantor; kehilangan pergaulan dan kebersamaan dll ...

Rasa khawatir karena kehilangan pendapatan/gaji sementara  anak2ku masih ada yang kuliah; kehilangan fasilitas kantor terutama fasilitas kesehatan, walaupun untuk pensiunan masih ada fasilitas kesehatannya namun perlakuannya tidak sama dengan yang masih aktif bekerja.

Berbagai rasa yang muncul tersebut tentu saja wajar karena akan terjadi perubahan dalam episode kehidupan yang akan dijalani. Berbagai rasa tersebut harus dapat diresapi dan dikelola dengan baik sehingga selalu bisa bersyukur dan bersabar dalam setiap keadaan.

Semoga aku dapat menjalani masa pensiun dengan rasa syukur dan sabar serta bahagia. Semoga aku dan keluarga selalu sehat sampai akhir hayat dan semoga dianugerahkan Allah SWT akhir hidup yang baik (husnul khatimah) dan kehidupan yang indah sesudah mati kelak di alam kubur dan di SurgaNya Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal'alamin.

Wednesday, April 21, 2021

Cut Nyak Dhien

Hari ini bertepatan dengan peringatan hari lahir RA Kartini  (lahir di Jepara, tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang tanggal 17 September 1904), namun karena pandemi covid19 belum juga berakhir walaupun telah berlangsung lebih dari satu tahun, peringatan hari Kartini tahun ini tidak dapat dirayakan secara tatap muka seperti yang biasa dilakukan di sekolah2 atau kantor-kantor, termasuk di kantor tempatku bekerja, peringatan hari Kartini dilakukan secara online melalui aplikasi meeting seperti MS Team atau Zoom, dll.

Tulisan-tulisan mengenai Kartini sudah banyak dikisahkan kembali diberbagai media pada setiap peringatan hari Kartini, untuk itu tulisan di blog kali ini menuliskan biografi singkat seorang perempuan Indonesia yang hebat yang telah berjuang melawan penjajah Belanda jauh sebelum Kartini lahir yaitu Cut Nyak Dhien, tulisan ini adalah copy paste dari artikel di media tirto.id.

Kisah Perjuangan Cut Nyak Dhien, Ditangkap dan Meninggal di Pengasingan –  SinarPost.com
Makam Cut Nyak Dhien di Sumedang (copy paste dari SinarPost.com)

Cut Nya Dhien adalah seorang tokoh perempuan Indonesia yang tak kenal menyerah. Ia dijuluki "Ratu Aceh" lantaran tekadnya yang kuat dalam melawan kolonial Belanda di Aceh. Ia menghabiskan masa hidupnya dengan terus melakukan pertempuran. Semua itu ia lakukan demi menggapai cita-cita bangsa, yakni terbebas dari kekuasaan penjajah.

Kelahiran dan Masa Awal Cut Nya Dhien

Cut Nyak Dhien adalah keturunan bangsawan Aceh, lahir pada tahun 1848 di kampung Lam Padang Peukan Bada, wilayah VI Mukim, Aceh Besar. Saat menginjak usia 12 tahun, ia dijodohkan dengan Teuku Ibrahim Lamnga, putra Teuku Po Amat, Uleebalang Lam Nga XIII.

Suaminya seorang pemuda berwawasan luas dan taat kepada agama. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki. Dalam riwayat sejarah Aceh, Teuku Ibrahim berjuang melawan kolonial Belanda. Atas alasan itu, Teuku Ibrahim seringkali meninggalkan Cut Nyak Dhien dan anaknya.

Setelah berbulan-bulan meninggalkan Lam Padang, Teuku Ibrahim datang untuk menyerukan perintah mengungsi dan mencari perlindungan di tempat yang aman. Cut Nyak Dhien bersama penduduk lainnya kemudian meninggalkan Lam Padang pada 29 Desember 1875.

Pada 29 Juni 1878, Teuku Ibrahim wafat. Kematian sang suami membuat Cut Nyak Dhien terpuruk. Namun, kejadian itu tak membuatnya putus asa, sebaliknya menjadi alasan kuat Cut Nyak Dhien berjuang menggantikan sosok suaminya.

Cut Nya Dhien Bersama Teuku Umar

Selepas kematian Teuku Ibrahim suaminya, Cut Nyak Dhien menikah lagi dengan Teuku Umar, cucu dari kakek Cut Nyak Dhien. Tidak hanya diikatkan dengan tali pernikahan, tetapi keduanya bersatu untuk memerangi penjajah.

Bukan karena semata-mata ingin mendapatkan sosok kepala rumah tangga di dekatnya, tetapi Cut Nyak Dhien beralasan ingin berjuang bersama dengan laki-laki yang mengizinkannya terjun ke medan perang untuk melawan Belanda.

Cut Nyak Dhien bersama Teuku Umar menguatkan barisan para pejuang untuk kembali mengusir "kaphe" Belanda dari bumi Aceh. Keduanya melakukan pertempuran dengan semangat juang membara. Salah satu keberhasilan mereka yakni merebut kembali kampung halaman Cut Nyak Dhien. Teukur Umar juga berpura-pura tunduk kepada Belanda demi mendapatkan pasokan persenjataan yang kemudian mereka gunakan untuk kembali menyerang penjajah.

Berjuang Sampai Pengasingan

Belakangan, Teuku Umar gugur dalam medan laga di Meulaboh. Suami keduanya itu gugur karena itikad penyerangannya telah diketahui Belanda sejak awal.

Meskipun orang-orang terkasihnya telah meninggalkannya, Cut Nya Dhien terus melangsungkan pertempurannya selama enam tahun. Ia bergerilya dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Selama itu, ia bersama rakyat dan pejuang lainnya, dihadapkan pada penderitaan, kehabisan makanan, uang, dan pasokan senjata.

Cut Nyak Dhien dengan keadaan fisiknya yang mulai renta terus berupaya melarikan diri dari Belanda. Meskipun pada saat itu, pasukan tempurnya melemah karena ancaman Belanda. Sayangnya, panglima pasukannya, Pang Laot berkhianat. Ia bersama-sama Belanda mencari keberadaan Cut Nyak Dhien.

Mereka berhasil menemukan persembunyian Cut Nyak Dhien dan kemudian membawanya ke Kutaradja. Atas permintaan Pang Laot kepada Belanda, Cut Nyak Dhien mendapat perlakuan baik oleh Belanda.

Gubernur Belanda di Kutaradja, Van Daalen, tidak menyenangi hal tersebut sehingga Cut Nyak Dhien diasingkan ke pulau Jawa, tepatnya Sumedang pada 1907. Setahun, masa pengasingannya, Cut Nyak Dhien mengembuskan napas terakhirnya. Ia menjadi salah satu sosok wanita Indonesia yang patut dicontoh keberaniannya. Sejak tanggal 2 Mei 1964, Cut Nyak Dhien dianugerahi sebagai pahlawan nasional.

Monday, March 15, 2021

Doa untuk anak-anak dan keturunan kita

Anak-anak yang Sholeh dan Sholehah adalah Investasi Akhirat .. teruslah  berdoa untuk kebaikan anak2 kita.

Doa-doa yang bisa kita amalkan

1. Doa Nabi Zakaria

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (QS. Al-Furqon : 38)

2. Doa Nabi Ibrahim

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku (QS.Ibrahim : 40)

3. Doa Agar Anak Beriman Dan Bertakwa

رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡيُنٖ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِينَ إِمَامًا

Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa (Qs.al-Furqon : 74)

4. Doa Agar Anak Menjadi Sholeh Dan Sholehah

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka didunia dan di akhirat

5. Doa Agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka

6. Doa Agar Anak Menjadi Pintar

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka

7. Doa Agar Anak Memiliki Pemahaman Agama Yang Benar

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Ya Allah, berikanlah kefahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil.  (tafsir ayat-ayat al-Qur’an) (HR.Bukhari)

8. Doa Agar Anak Sehat, Cerdas Dan Bermanfaat Ilmunya

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal

9. Doa Agar Anak Diberikan Perlindungan Oleh Allah SWT

أُعِيْذُهُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Aku memohon perlindungan baginya (sebut nama anak) dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk.
(HR. Abu Daud 3371, dan dishahihkan al-Albani, diriwayatkan pula oleh Bukhari dan Tirmidzi). Doa ini adalah doa yang pernah Rasulullah gunakan untuk mendoakan cucunya Hasan dan Husein.

10. Doa Agar Anak Mendapat Keberkahan

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama’ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rizqi) yang engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat.

Semoga kita semuanya dikaruniakan oleh ALLAH-SWT keturunan keturunan yang sholeh dan sholehah yang membahagiakan kedua orang tua baik di saat hidup maupun sesudah wafat nya...