Thursday, July 26, 2007

Untuk Anak-anakku tersayang

Anak-anakku sayang Afifa, Hifzhan & Fathur,
Pagi ini mama membaca terjemahan surat Luqman (QS:31) dan ingin menyampaikan sebagian isi dari surat Luqman tersebut yang merupakan Firman Allah SWT. Luqman adalah seorang hamba Allah yang diberikan banyak hikmat oleh Allah SWT dan merupakan hamba Allah yang selalu bersyukur. Pesan/Nasehat Luqman kepada anaknya seperti yang tercantum dalam AlQuran sbb:

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Hai anakku, janganlah engkau menyekutukan Allah, sesungguhnya menyekutukanNya adalah kezaliman yang besar. (QS:31, Ayat13).

Hai anakku, sungguh jika ada kebaikan seberat biji sawi, kemudian tersimpan dalam batu atau di langit maupun di bumi, niscaya Allah akan mendatangkan balasannya. Sesungguh Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui. (QS:31, Ayat 16).

Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) berbuat kebaikan dan laranglah mereka dari kemungkaran dan bersabarlah atas apa-apa yang menimpamu. Sesungguhnya yang demikian itu adalah urusan yang diutamakan. (QS:31, Ayat 17).

Dan Janganlah engkau palingkan pipimu kepada manusia dan janganlah berjalan dengan sombong di muka bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi congkak. (QS:31, Ayat 18).

Dan sederhanalah dalam berjalan dan lunakkan suaramu, sesungguhnya seburuk-buruk suara adalah suara keledai. (QS:31, Ayat 19).

Di surat Luqman tersebut, (QS31, Ayat 14 & 15), Allah SWT memerintahkan agar manusia berbuat baik kepada ibu bapaknya. Ibunya yang telah mengandungnya dalam keadaan lemah dan makin lemah dan menyapihnya dalam 2 tahun. Hendaknya manusia bersyukur kepada Allah SWT dan kepada ke dua ibu bapaknya. Hanya kepada Allah SWT lah tempat kembali. Dan apabila keduanya memaksamu supaya menyekutukan Allah dengan sesuatu yang tidak ada bagimu ilmu tentang itu, maka janganlah engkau patuhi mereka dan pergaulilah mereka dengan baik di dunia dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada Allah SWT. Hanya kepada Allahlah tempat kembali dan Allah akan mengabarkan apa-apa yang telah kamu kerjakan.

Maha benar Allah atas segala FirmanNya.

Semoga anak-anak mama dapat menjalankan perintah Allah SWT tersebut diatas ....

Peluk cium
mama

No comments: