Sunday, August 17, 2008

Merdeka !!! 63 tahun usiamu kini

Merdeka ! hari ini ulang tahun RI yang ke 63 tahun, hari yang sangat bersejarah bagi bangsa ini … bebas merdeka dari penjajahan bangsa lain dan dapat menentukan visi dan misi bangsa sendiri tanpa campur tangan bangsa lain. Semoga negara ini semakin berjaya .. cita-cita luhur menciptakan masyarakat adil dan makmur dapat tercapai. Semoga Allah SWT selalu meridhai bangsa dan negara ini.

Aku berharap agar masyarakat Indonesia juga bebas merdeka dari segala sifat tidak terpuji seperti serakah yang ujung-ujungnya menghalalkan segala cara termasuk korupsi untuk menumpuk harta, menyuap petugas untuk mendapatkan kemudahan karena inginnya serba cepat, juga sifat ketidak pedulian terhadap kedisiplinan, fasilitas umum yang ada, terhadap ketimpangan yang terjadi dll.

Sedih rasanya jika melihat negara kita ini, walaupun sudah 63 tahun merdeka, masih banyak masyarakat yang hidup susah. Pendidikan yang seharusnya dapat membebaskan masyarakat dari kebodohan dan kemiskinan semakin mahal, bahkan pendidikan tingkat SD sampai SMA pun yang katanya bebas biaya masih terbatas pada slogan saja, kenyataan di lapangan tetap memerlukan biaya yang makin memberatkan masyarakat miskin. Semoga saja anggaran pendidikan yang dalam Pidato Kenegaraan Presiden SBY akan ditingkatkan dapat benar-benar tepat sasaran dan tidak menjadi sekadar proyek pejabat yang ujung-ujungnya hanya dinikmati oleh segelintir orang saja.

Perayaan hari ulang tahun kemerdekaan di seluruh pelosok negeri berlangsung meriah, masyarakat merayakan dengan berbagai perlombaan khas tujuh belasan seperti panjat pinang, makan kerupuk, nangkap belut, jalan santai dll, kebanyakan perayaan yang diadakan hanya untuk bersenang2 atau hura-hura saja. Bukan bermaksud menyalahkan bagi yang merayakan hal tersebut, toh hanya sekali dalam setahunkan ? Aku dan Afifa tadi pagi juga ikutan acara jalan santai di lingkungan tempat tinggalku … Hifzhan dan Fathur kemaren ikut lomba2 yang ada seperti yang terlihat pada foto di atas.

Hanya saja hati kecilku mengharapkan ada ide2 kreatif lainnya untuk merayakan kemerdekaan yang dapat memberikan arti dan manfaat misalnya menyantuni anak yatim, membiayai sunat massal, membersihkan kampung, menanam pohon untuk penghijauan, memperbaiki jalan raya yang banyak lubangnya dll. Memang berkata itu mudah … menjalankannya yang sulit he..he, termasuk aku sendiri, jika diminta jadi panitia perayaanpun belum tentu mau … salut juga buat panitia2 perayaan kemerdekaan dimanapun anda berada, semoga di masa yang akan datang kita dapat melaksanakan perayaan kemerdekaan dengan cara yang berbeda, tapi lebih bermanfaat bagi sesama. Sekali lagi merdeka!!!

Salam Ina

No comments: