Sunday, August 16, 2009

Dirgahayu Negeriku .. I Love You Full

17 Agustus 2009, tahun ini 64 tahun sudah kemerdekaan Indonesia, semoga negeri dan bangsa ini diridhai Allah SWT sehingga masyarakat adil & makmur yang dicita-citakan para pejuang dan founders negeri ini dapat tercapai.

Jika diibaratkan manusia, usia 64 tahun biasanya sudah menjadi kakek-kakek atau nenek-nenek yang semoga tambah bijaksana.. dan mungkin telah dikaruniai beberapa orang cucu ... namun bagi suatu bangsa ... usia 64 tahun belumlah cukup untuk menjadikan negara kita ini termasuk dalam kategori negara maju .. sampai saat ini negara kita masih termasuk dalam kelompok negara berkembang, entah diperlukan berapa tahun lagi untuk mendapatkan sebutan negara yang maju ... namun tentu saja kita harus yakin dan terus berusaha untuk kemajuan negeri ini sehingga menjadi negara yang mampu menciptakan masyarakat yang madani ... yang mempunyai harga diri dan mampu menjadi contoh negara yang beradab yang berperan aktif menciptakan dunia yang aman & tentram dan dihormati oleh bangsa2 lainnya.

Mengingat sekilas sejarah detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 Tahun Masehi, atau 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang, atau 17 Ramadhan 1365 Tahun Hijriah dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Mari kita bersama2 mengheningkan cipta ... berdoa bagi para pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan jiwa raga dan harta bendanya demi meraih kemerdekaan bagi bangsa ini.

Isi teks proklamasi kemerdekaan yang singkat ini adalah:

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta


Di sini ditulis tahun 05 karena ini sesuai dengan tahun Jepang yang kala itu adalah tahun 2605. Teks diatas merupakan hasil ketikan dari Sayuti Melik (atau Sajoeti Melik), salah seorang tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan proklamasi.

Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaan ini dengan meriah. Mulai dari lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, sampai upacara militer di Istana Merdeka, seluruh bagian dari masyarakat ikut berpartisipasi dengan cara masing-masing ... jalan2 dihiasi pernik2 dan gaba2 merah putih... juga bendera telah terpasang di rumah2 seminggu sebelumnya. Kemaren di sekolah Fathur juga dilakukan perayaan Hari Kemerdekaan dengan acara senam pagi dan lomba seperti tarik tambang, lomba lari estafet dan juga ada bazar ... orang tua juga ikut hadir .. namun karena ada acara lainnya, kami pamit pulang duluan dan tidak mengikuti acara sampai selesai.

Dirgahayu Republik Indonesia ... I love you full.

Salam Ina

No comments: