Sunday, December 23, 2012

Thank You Mom

Teringat sebuah BBM (Blackberry Messenger) yang aku terima tanggal 22 Desember 2012, Seorang ibu mampu memelihara 10 orang anaknya dengan penuh kasih sayang, namun 10 orang anak belum tentu dapat memelihara seorang ibu dengan kasih sayang yang sama. Peran dan jasa seorang ibu dalam keluarga, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya sangat luar biasa dan tidak tergantikan ..... bahkan jasa seorang ibu tidak terbalas sampai kapanpun oleh anak2nya.

Selamat Hari Ibu ... I love you mom, ucapan2 tersebut banyak terkirim melalui BBM, email maupun SMS, tanggal 22 Desember 2012 merupakan hari ibu bagi masyarakat Indonesia.

Sejarah Hari Ibu di Indonesia diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta. Kongres tersebut dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Hasil dari kongres tersebut salah satunya adalah membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani). 

Dulunya hari ibu diperingati untuk menghormati para pejuang wanita yang mengadakan kongres tersebut, namun sekarang, hari ibu sering diartikan sebagai hari untuk menunjukkan kasih sayang dan rasa terima kasih kepada ibunda tercinta, ada yang memberikan ibunya kado, memanjakan ibunya dengan membebaskan ibu dari tugas rumah tangga sehari2. Mungkin hal tersebut terinspirasi dari apa yang dilakukan oleh masyarakat Barat pada hari Mother's day. 

Menurut Wikipedia .... Peringatan Mother's day di sebagian negara Eropa dan Timur Tengah mendapat pengaruh dari kebiasaan memuja Dewi Rhea, istri Dewa Kronos dan ibu para dewa dalam sejarah Yunani kuno. Makanya, di negara-negara tersebut, peringatan Mother’s Day jatuh pada bulan Maret. Hari Perempuan International pun diperingati pada tanggal 8 Maret. 

Di Amerika Serikat dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hongkong, peringatan Mother’s Day jatuh pada hari Minggu kedua bulan Mei, karena pada tanggal itu pada tahun 1870, aktivis sosial Julia Ward Howe mencanangkan pentingnya perempuan bersatu melawan perang saudara.

Terlepas dari sejarah hari ibu yang berbeda2, seyogyanya kasih sayang dan rasa terima kasih kepada ibu yang telah mengandung, melahirkan, membesarkan kita anak2nya dengan kasih sayang dan tanpa mengharapkan balasan tersebut, harus dilakukan setiap hari seumur hidup kita. 

Di dalam Al Quran terdapat perintah agar selalu berbuat baik dan berbakti kepada ke dua orang tua : "…Dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." (QS Al-Israa':23).

Demikian juga tuntunan yang diajarkan Rasulullah terutama kepada ibunda tercinta, ketika datang seorang laki-laki kepada Rasulullah saw, ia bertanya kepada Rasulullah saw," Ya Rasulullah, siapa dari manusia yang paling berhak aku utamakan? Rasulullah saw bersabda "Ibumu". Laki-laki tersebut bertanya kembali, "kemudian siapa lagi?" Rasulullah saw bersabda, "kemudian ibumu". Laki-laki tersebut betanya kembali, "kemudian siapa lagi?" Rasulullah bersabda, "kemudian ibumu". "Kemudian siapa lagi?" Rasulullah bersabda, "kemudian ayahmu". (HR Muslim ).

Jika orang tua telah meninggal dunia, cara berbakti kepada orang tua dapat dilakukan dengan cara berdoa, bersedekah atas nama orang tua dan bersilaturrahmi dengan saudara, sahabat dan orang2 yang telah berjasa pada orang tua kita. Berikut cuplikan beberapa doa untuk orang tua yang terdapat dalam Al Quran : 
                                                                                                                  
 

 Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".(QS Al-Isra' : 24)


Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan".(QS Nuh : 28)

 

Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdo'a: 
"Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri ni'mat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh". (QS An Naml : 19)


Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo'a: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri ni'mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri". (QS Al Ahqaaf :16)

Salam Ina

No comments: