Monday, December 31, 2012

Pergantian Tahun 2012 ke 2013

Tengah malam menjelang pergantian tahun 2012 ke 2013 aku terjaga, Astaghfirullah ternyata aku tadi tertidur dan belum sempat sholat Isya, cepat2 aku bangun, berwudhuk dan melaksanakan sholat wajib tersebut. Dentuman suara mercon dan tiupan terompet terdengar memekakkan telinga, begitu pula kilatan cahaya kembang api terlihat dari balik jendela kamarku, rupanya ada beberapa tetangga yang masih bergadang melakukan hal-hal tersebut menyambut tahun baru. Tahun 2012 sebentar lagi berlalu dan tahun 2013 datang menjelang, Selamat Tahun Baru 2013, semoga tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dari segala aspek kehidupan bagi aku dan keluarga, saudara2ku, teman2ku dan bangsa serta negaraku tercinta.

Hari, minggu, bulan bahkan tahun berganti dengan cepat, tidak terasa jatah umur yang diberikan Allah SWT untuk hidup di dunia inipun semakin berkurang, apakah tabungan kebajikan, amal sholeh dan ketakwaan kepada Allah SWT sudah memadai untuk dibawa pulang kelak ke kampung akhirat ?, pertanyaan2 tersebut selalu muncul di pikiran ini.  Salah satu surat di dalam Al Quran (QS Al 'Ashr, ayat 1-3), dimana Allah SWT bersumpah dengan "waktu" yang dapat ditafsirkan betapa pentingnya manusia untuk menghargai waktu yang dianugerahkan Allah SWT dengan beriman kepada-Nya, beramal shaleh, dan saling menasehati untuk taat pada kebenaran dan tetap sabar, jika tidak .. maka manusia benar-benar rugi.

 
Yang artinya :
  1. Demi masa.
  2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian.
  3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan saling nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan saling nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
Ya Allah, selamatkan iman kami, mudahkan kami untuk taat kepada Engkau dan Rasul-Mu, mudahkan kami melakukan kebaikan berupa amal sholeh yang Engkau ridhai dan jauhkan kami dari sikap dan perbuatan-perbuatan yang Engkau murkai. Bimbing kami ya Allah, bersihkan hati kami, jadikan kami hamba-Mu yang selalu bersyukur atas nikmat yang Engkau berikan dan bersabar atas segala ujian kehidupan yang kami hadapi. Jadikan kami hamba-Mu yang ikhlas dan ikhsan dalam beribadah kepada-Mu. Tiada daya upaya kecuali dengan pertolongan-Mu. Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah ampunilah dosa kami dan dosa ke dua orang tua kami dan sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangi kami sewaktu kami kecil. Ya Allah jadikan pasangan kami sebagai sahabat kami dalam urusan dunia dan akhirat dalam ketakwaan kepada-Mu, Ya Allah jadikanlah anak-anak dan keturunan kami sebagai anak yang sholeh, yang menjadi cahaya mata kami dan menjadi hamba-Mu yang senantiasa bertakwa kepada-Mu dalam setiap sendi-sendi kehidupan. Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka. Ya Allah anugerahkanlah kami surga firdausmu. Aamiin Ya Allah.

Salam Ina


No comments: