Saturday, May 09, 2015

Usia 50 Tahun

Alhamdulillah, hari ini Sabtu tanggal 9 Mei 2015 ... genap usiaku 50 tahun, pada hakekatnya pertambahan usia ini merupakan salah satu peringatan bahwa semakin dekat pula jarak kepada kematian atau pengurangan jatah hidup di dunia ini.

Kalau dilihat dari jumlah angka pada usia 50 tahun sudah termasuk kelompok usia tua, walaupun masih harus menunggu 10 tahun lagi untuk dapat KTP seumur hidup he...he. Semoga semakin tua usiaku, aku dapat semakin dewasa dan bijaksana dalam setiap tindakan dan semoga aku sehat selalu dan dapat berbuat amal shaleh yang diridhai Allah SWT dan bertaubat kepada Allah SWT atas semua kesalahan-kesalahanku, sebagaimana tercantum dalam doa pada surat Al-Ahqaf (QS 46, ayat 15): 

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. 

Allah SWT telah memberi peringatan di dalam Al Quran surat Yasin (QS 36 ayat 68)  tentang usia tua ini :


Dan barangsiapa yang Kami panjangkan umurnya niscaya Kami kembalikan dia kepada kejadian(nya). Maka apakah mereka tidak memikirkan?

Dalam ayat ini Allah menjelaskan bahwa siapa yang dipanjangkan usianya akan dikembalikan menjadi lemah seperti keadaan semula. Bahkan ada yang dikembalikan seperti keadaan masih bayi, lemah tidak berdaya dan tidak mengetahui apa apa yang pernah diketahuinya. Semua ilmu yang dimiliki telah lenyap. Daya ingatnya amat terbatas .. ia tidak ingat dan tidak tahu apa yang baru saja diucapkannya. Ini adalah sunatullah yang dapat terjadi pada siapa saja. Sudahkah kita siap menghadapi masa seperti itu ?


Setiap manusia pasti menginginkan hidupnya atau umurnya berkualitas tinggi atau bahkan sangat tinggi. Tapi godaan datang dan sering kali kitapun tergoda melakukan hal-hal buruk dan menyia-nyiakan hidup atau umur yang dianugerahkan Allah SWT, sehingga kualitas hidup bisa turun serendah-rendahnya, Nauzubillah min zalik. Semoga aku dapat menjaga semangat untuk menjadikan sisa umurku bermanfaat dan berkualitas tinggi. Berikut hasil searching dari internet ... kata-kata bijak terkait usia yang dapat menjadi renungan bagiku dan mungkin bagi pembaca blog ini.
  1. Setiap detik umur kita semakin bertambah. Lalu apakah kebijaksanaan kita bertambah setiap detiknya ?
  2. Kita tidak memerlukan obat untuk awet muda. Kita hanya memerlukan kebahagiaan yang melimpah. 
  3. Umur kita adalah kertas kosong, kita telah menulis kisah di sebagian kertas kosong tadi. Jika selama ini kita telah menulis kisah yang buruk, sekarang adalah saat yang tepat untuk mengkisahkan kisah-kisah yang indah.
  4. Setiap Hari dari usia kita adalah lembaran baru yang bisa menutup kegagalan kemarin dan menyambut kemenangan hari ini.
  5. Setiap detik dari umur kita adalah sumber kebahagiaan yang baru. Dengan pengertian ini, kita bisa menghilangkan kesedihan dengan segera.
  6. Setiap manusia bisa memastikan bahwa umurnya menjadi semakin tua. Tapi tak ada yang bisa memastikan ke depannya apakah kita bisa memanfaatkan umur kita dengan baik atau tidak.
  7. Setiap detik yang berlalu adalah penyesalan, kecuali kita memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.
  8. Kita akan merasa hidup lama, jika kita mengisi usia kita dengan penuh kebahagiaan. Jadikanlah usiamu sebagai kisah yang menyenangkan.
  9. Kita semua memiliki usia yang terbatas, bahkan bisa dibilang sangat singkat. Tapi usia yang singkat itu telah lebih dari cukup untuk membuat sebuah perbedaan besar bagi sejarah peradaban manusia.
  10. Umur kita akan bertambah tua, karena itu persiapkanlah segala kelengkapan untuk menyambutnya.
  11. Beberapa manusia yang hanya berumur beberapa tahun justru lebih mulia dan bernilai dari orang yang berumur puluhan tahun.
  12. Umur boleh memperlambat kemampuan bergerak kita, tapi umur tak mampu membendung semangat yang berkobar.
  13. Bagi sebagian orang umurnya berkembang jutaan kali lebih cepat dari pada kebijaksanaannya. Bagi orang hebat, umurnya tetap berkembang lebih cepat daripada kebijaksanaannya. Setiap orang bijak sebenarnya berpotensi untuk menjadi ribuan kali lebih bijak.
  14. Banyak orang yang baru tersadar ketika usia tua menghampirinya. Alangkah indahnya jika kita tersadar saat usia kita masih muda.
  15. Setiap hari yang diisi kemalasan akan membentuk penyesalan kita di masa tua.
  16. Bukan umur yang membuat kita berharga, tapi karya-karya kitalah yang menentukan.
  17. Masa muda adalah waktu paling tepat untuk melakukan amal sholeh, tapi jika usia telah terlanjur tua, maka yang terbaik adalah segera melakukan amal sholeh saat itu juga.
  18. Kematian bisa mengenai siapapun tanpa mempedulikan berapa umurnya. Karena itu, pastikan di hari esok kita bekerja dan beramal sholeh dengan kualitas luar biasa.
  19. Meskipun sejarah kehidupan kita dipenuhi keburukan dan umur kita sisa satu minggu lagi, satu minggu itu lebih dari cukup untuk bertobat, dan memperbaiki segala kekusutan yang terjadi.
  20. Kita tak bisa kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan kita. tapi kita bisa memperbaiki hari ini sampai kematian memanggil.
Salam Ina

No comments: