Wednesday, May 21, 2008

100 tahun Kebangkitan Nasional

Tadi malam sebagian besar TV Nasional menyiarkan acara Peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional 20 Mei 1908 - 2008. Seingatku sejak orde reformasi mungkin baru sekali ini ada pagelaran besar-besaran menyajikan berbagai ragam budaya nusantara seperti itu, terharu juga nontonnya, apalagi acara diawali dengan tarian kolosal tari saman dari Aceh yang luaarr biasa, walaupun suami agak menggerutu dengan celutukannya "kog bisa ya pemerintah bikin acara yang menghabiskan dana miliaran Rupiah, di saat keadaan ekonomi rakyat terpuruk dengan berbagai kenaikan harga".

Aku hanya menghibur diri dengan mengatakan semoga Pemerintah tidak menggunakan anggaran peruntukan rakyat miskin untuk pesta tersebut, semoga biayanya diperoleh dari partisipasi perusahaan2 dan masyarakat yang memiliki dana berlebih, entahlah ... walaupun sebagai bangsa aku setuju kalau bangsa kita perlu melakukan unjuk budaya seperti itu agar budaya kita dikenal masyarakat luas termasuk orang asing ... sehingga tidak terjadi lagi pencurian kekayaan budaya Indonesia dengan pembuatan hak paten oleh negara lain (tetangga) :-(

Doa kita semua semoga bangsa ini bisa kembali bangkit memiliki harga diri dan kemauan keras untuk bisa menjadi negara yang maju, penuh keadilan dan kemakmuran serta keberpihakan terhadap kaum yang lemah & miskin, Semoga budaya korupsi yang sudah meraja lela dapat segera dihapuskan.

Ayo bangkit ......... menuju Indonesia Jaya. Mulailah dari diri kita sendiri, dari yang kecil dan dari sekarang.

Salam Ina

No comments: