Wednesday, May 13, 2009

Ulang Tahun Hifzhan & Nasehat untuk anak-anakku


13 Mei 1995 ~ 13 Mei 2009
Anakku Hifzhan sayang ...
Selamat Ulang Tahun ya Nak,
Semoga Hifzhan selalu sehat, tambah rajin, tambah pandai, tambah taat pada Allah SWT & Rasul, berakhlak mulia, sayang sama mama & papa, kakak & adik, serta sayang pada sesama makhluk-Nya.
Semoga Allah SWT selalu melindungi dan mencurahkan rahmat & karunia-Nya untuk Hifzhan, dimanapun Hifzhan berada.
Semoga Allah SWT memberikan kemudahan tuk Hifzhan dalam menggapai cita-cita .... menjadi anak yang sholeh, bermanfaat dalam kebaikan, sukses dan bahagia di dunia & akhirat. Banyak sekali doa yang ingin mama ungkapkan ... semoga Allah SWT mengabulkannya. Amin. Dia Maha Melihat, Maha Mendengar, Maha Mengetahui dan Maha Mengabulkan.

Nasehat untuk Anak-anakku tersayang … Afifa, Hifzhan & Fathur,

Setiap orang tua pasti mengharapkan anaknya menjadi anak yang sholeh, taat pada Allah SWT & Rasul, hormat & sayang pada orang tua, selalu berbuat kebaikan, bermanfaat, berakhlak mulia, tidak sombong dan sayang pada sesama, sukses dan bahagia dunia & akhirat, mendapatkan akhir hidup yang baik (khusnul khatimah) dan pada akhirnya dapat masuk ke surga-Nya Allah SWT.

Mungkin sudah terlalu sering mama memberikan nasehat, mudah2an anak-anak tidak bosan mendengarnya. Mama menyadari nasehat yang paling tepat adalah memberikan contoh dan teladan kepada anak-anak, namun sebagai manusia biasa yang tidak luput dari berbagai kesalahan/kekeliruan, mungkin tanpa disadari, mama & papa selaku orang tua sering memberikan contoh/perilaku yang buruk bagi anak-anak, untuk itu mama mengharapkan anak-anak hanya mencontoh hal-hal yang baik2 saja dari orang tuamu dan janganlah melakukan hal-hal buruk yang telah kami lakukan. Maafkan kami jika ada perilaku kami yang membuat anak2 takut, kecewa dan sedih, sungguh kami sangat mencintai kalian dan tidak pernah bermaksud membuat kalian terluka.

Menurut pendapat mama, pesan dan nasehat yang paling ok dari orang tua kepada anaknya adalah seperti nasehat yang diberikan oleh Luqman kepada anaknya. Luqman adalah seorang hamba Allah yang diberikan banyak hikmah oleh Allah SWT, beliau merupakan hamba Allah yang sholeh, sangat taat kepada Allah SWT, selalu bersyukur dan bersabar dalam ujian kesenangan dan kesusahan yang menimpanya. Nama beliau diabadikan sebagai nama salah satu surat di dalam Al Quran.

Nasehat Luqman kepada anaknya tersebut tercantum di dalam Al Quran yang merupakan Firman Allah SWT yang harus kita yakini dan amalkan dalam kehidupan kita. Untuk itu mama mengutip beberapa ayat dari Al Quran surat Luqman tersebut, tentunya lebih baik lagi jika anak-anak mau membacanya sendiri, memahami dan mengamalkannya.

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya dan dia mengajarinya, ”Hai anakku, janganlah engkau menyekutukan Allah, sesungguhnya menyekutukanNya adalah kezaliman yang besar. (QS 31;13)

Di surat Luqman tersebut, (QS31, Ayat 14 & 15), Allah SWT memerintahkan agar manusia berbuat baik kepada ibu bapaknya sebagai berikut:

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada ibu-bapaknya. Ibunya yang telah mengandungnya dalam keadaan lemah dan makin lemah dan menyapihnya dalam 2 tahun. Hendaknya manusia bersyukur kepada-Ku dan ke dua ibu bapakmu. Hanya kepada-ku lah tempat kembali. (QS 31;14).

Dan apabila keduanya memaksamu supaya menyekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada bagimu ilmu tentang itu, maka janganlah engkau patuhi mereka dan pergaulilah mereka dengan baik di dunia dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembali kamu, lalu Aku khabarkan kepada kamu apa-apa yang telah kamu kerjakan. (QS 31;15).

(Luqman berkata), Hai anakku, sungguh jika ada (kebaikan) seberat biji sawi, kemudian tersimpan dalam batu atau di langit maupun di bumi, niscaya Allah akan mendatangkan balasannya. Sesungguh Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui. (QS:31;16).

Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) berbuat kebaikan dan laranglah mereka dari kemungkaran dan bersabarlah atas apa-apa yang menimpamu. Sesungguhnya yang demikian itu adalah urusan yang diutamakan. (QS:31;17).

Dan janganlah engkau palingkan pipimu kepada manusia dan janganlah berjalan dengan sombong di muka bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi congkak. (QS:31;18).

Dan sederhanalah dalam berjalan dan lunakkan suaramu, sesungguhnya seburuk-buruk suara adalah suara keledai. (QS:31;19).

Maha benar Allah atas segala FirmanNya.

Semoga anak-anak dapat menjalankan perintah Allah SWT tersebut diatas dan perbanyaklah membaca Al Quran, memahaminya dan berusaha mengamalkannya.
I love you always ....

Peluk cium
mama,

No comments: