Saturday, February 19, 2011

Senyum .. yuk :)

Sudahkan kita tersenyum hari ini ? :-)
Senyum adalah ekspresi wajah yang terbentuk dengan melenturkan otot-otot di dekat kedua ujung mulut atau bisa juga sampai ke pipi bahkan mata. Kebanyakan orang tersenyum untuk menampilkan kebahagiaan dan rasa senang, tapi ada kalanya lenturnya otot-otot ini juga menunjukkan rasa cemas dan ini disebut meringis :-(

Tersenyum merupakan sarana komunikasi emosi yang berlaku di seluruh dunia, dengan senyum kita bisa memulai komunikasi dengan orang-orang yang tidak kita kenal sebelumnya .. senyum merupakan sapaan pertama yang bisa kita lakukan tanpa kata-kata.

Senyum bisa terjadi secara spontan atau bisa juga dibuat-buat ketika seseorang merasa wajib untuk tersenyum. Ada juga senyum palsu, senyum karena terpaksa atau basa basi untuk menunjukkan kesopanan, senyum jenis ini katanya sering dilakukan oleh pramugari, bahkan ada istilah "Pan Am smile" untuk jenis senyum palsu ini, semoga nanti juga akan muncul istilah "Garuda smile" untuk senyum ramah yang benar-benar keluar dari hati ... semoga bisa ditunjukkan oleh pramugari2 Garuda maskapai nasional bangsa kita.

Hasil "googling" di internet tentang senyum ini .. ternyata Indonesia adalah negara paling murah senyum di dunia dengan skor 98%. Untuk salam, skor Indonesia sejajar Hongkong, juga 98% (hasil survey the Smiling Report 2009"). Indonesia malah pernah dipimpin oleh The Smiling General", istilah pers untuk mantan Presiden Ri yg ke 2 ... Soeharto yang sering difoto dalam keadaan tersenyum.

Senyum juga sangat bermanfaat untuk tubuh kita, bahkan banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa penyakit seseorang dapat berkurang dengan terapi senyum. Namun tentu saja dengan aturan senyum yang baik ... yaitu tarik bibir kanan 2 cm ke atas, tarik juga bibir kiri 2 cm keatas lalu tahan selama 8 detik atau dikenal dengan rumus "2-2-8".

Berikut ini adalah sebagian dari jenis penyakit yang dapat berkurang dengan terapi senyum.
  1. Menghilangkan stress. Pekerjaan yang menumpuk dengan waktu yang terbatas, tentu sangat membuat Anda stress. Belum lagi jika ada masalah pribadi. Jika Anda mengalami hal demikian, cobalah untuk luangkan waktu sebentar. Rilekskan diri, praktekkan senyum yang baik, lupakan sejenak masalah yang membuat Anda stress dan kenanglah masa-masa yang menyenangkan bagi Anda.
  2. Menurunkan tekanan darah. Jika Anda mengalami gejala-gejala yang menampakkan bahwa Anda sedang bertekanan darah tinggi, cobalah untuk tersenyum yang baik, nikmati setiap detik demi detiknya. Namun jika Anda masih kurang yakin dengan pernyataan ini, Anda bisa mencoba untuk mengamati hasil tekanan darah Anda sebelum dan sesudah tersenyum.
  3. Membuat awet muda. Tahukah Anda saat kita tersenyum, ternyata tubuh kita sedang mengaktifkan kembali sel-sel yang pasif ? Menurut penelitian, Orang yang lebih banyak meluangkan waktu untuk tersenyum mempunyai aura yang positif dan nampak lebih energik. Sehingga dengan begitu, Anda dapat terlihat lebih muda.
  4. Meningkatkan imunitas. Sistem imun akan bekerja dengan maksimal, saat keadaan seseorang lebih rileks. dan senyum membuat sistem imun bekerja lebih baik. Flu dan batuk pun bisa hilang dengan terapi senyum.
  5. Melepas endorphin, pemati rasa alamiah dan serotonin. Tahukah Anda hormon endorphin, pemati rasa alamiah dan serotonin ? ketiganya adalah hormon yang dapat mengendalikan rasa sakit, dan ternyata senyum dapat menghasilkan hormon-hormon tersebut. Subhanallah.
  6. Membuat Positive thinking. Senyum adalah milik orang-orang yang ber-aura positif, sehingga saat Anda tersenyum semua yang positif akan nampak. Dari situlah Anda akan mendapatkan banyak ide cemerlang dan berbagai hal positif yang pasti akan membuat Anda jauh lebih baik.

Dan tahukah Anda, bahwa kesembuhan yang utama dapat diraih seseorang dengan semangat hidup yang tinggi dan semua itu dapat Anda peroleh dari sebuah senyuman ... sangat simple dan tanpa biaya bukan ?

Selain senyum bermanfaat bagi tubuh kita, senyum juga merupakan ibadah sebagaimana hadist Rasulullah SAW, "Tersenyum ketika bertemu saudaramu adalah ibadah." (HR Trimidzi, Ibnu Hibban, dan Baihaqi). Salah seorang sahabat, Abdullah bin Harits, pernah menuturkan tentang Rasulullah SAW, "Tidak pernah aku melihat seseorang yang lebih banyak tersenyum daripada Rasulullah SAW." (HR Tirmidzi).

Meskipun ringan, senyum merupakan amal kebaikan yang tidak boleh diremehkan. Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kamu meremehkan kebaikan sekecil apa pun, sekalipun itu hanya bermuka manis saat berjumpa saudaramu." (HR Muslim).

Untuk keluargaku tercinta, suamiku dan anak-anakku ... Afifa, Hifzhan & Fathur, jangan sungkan-sungkan tersenyum ya, akhir-akhir ini jarang terlihat senyum di wajah kalian ... mungkin beratnya beban pekerjaan dan pelajarankah yang dirasakan sehingga senyum-pun menjadi berat untuk dilakukan ? Jadi, mari kita tersenyum, terapi sekaligus ibadah yang sederhana dan murah (:smile:)

Salam Ina



No comments: