Tuesday, September 22, 2009

Lebaran Idul Fitri 1430 H

Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1430H atau 20 September 2009M dirayakan serentak oleh mayoritas umat muslim di Indonesia ... tidak seperti tahun2 sebelumnya antara Pemerintah dan organisasi Islam yang besar seperti Muhammadiyah atau NU sering terjadi perbedaan dalam menentukan 1 Syawal ... kita patut bersyukur, sehingga tidak ada kecanggungan dalam melakukan silaturrahmi dg sanak famili. Pada kesempatan ini .. kami sekeluarga mengucapkan Selamat Idul Fitri 1430H, Mohon maaf lahir & bathin dan semoga semangat ibadah Ramadhan dapat berlanjut di sebelas bulan berikutnya ... dan semoga kita dapat bertemu kembali dengan Ramadhan yang akan datang.

Lebaran kali ini kami juga tidak mudik ... sejak ke empat orang tua kami meninggal dunia .. rasanya tidak ada lagi keharusan untuk pulang ke kampung halaman. Selain nyari tiket pesawat yang murah juga tidak mudah .. rumah tempat kami berkumpulpun sudah tidak ada lagi. Rumah mertua di Medan sudah lama dijual dan juga rumah orang tuaku di Bireuen sedang disewakan. Sanak famili memang masih ada .. tapi momen lebaran tentunya mereka juga ingin merayakannya dengan keluarga inti saja.. sehingga menurutku kedatangan kami akan sangat merepotkan dan mengganggu mereka. Menginap di hotel memang bisa .. tapi kog rasanya malas, lebih enak saat lebaran berada di rumah sendiri ... begitu pula ke dua adikku dan ke dua adik suamiku, tahun ini berlebaran bersama keluarga inti masing2.

Keinginan untuk pulang ke Aceh memang ada, terutama mengajak suami dan anak2 berziarah ke makam ke dua orang tuaku ... karena pada saat mereka meninggal dunia yaitu bapakku tahun 2001, keamanan di Aceh kurang kondusif .. sehingga hanya aku yang pulang, begitu juga ketika ibuku meninggal tahun 2004 karena kejadian tsunami ... sangat sulit mendapatkan tiket pesawat ke Aceh sehingga waktu itupun hanya aku saja yang pulang, semoga liburan Desember nanti rencana mudik bisa terlaksana. Walaupun kami tidak dapat berziarah kubur secara fisik ... doa buat ke dua orang tuaku selalu aku panjatkan begitupula doa untuk ke dua mertuaku. Semoga ke empat orang tua kami mendapatkan ampunan dan kasih sayang dari Allah SWT dan mendapatkan tempat tinggal di surga yang terbaik disisi-Nya kelak.

Kegiatan kami lebaran di Jakarta seperti tahun2 sebelumnya adalah silaturrahmi ke tempat saudara2 yaitu kakak2 sepupuku, om adik ibuku yang sudah pindah ke Jakarta dan uwak2 dari suamiku ... juga seperti kebiasaan di keluarga suami setiap lebaran ada acara keluarga sehingga bisa berkumpul sekaligus dan tidak perlu mendatangi rumah mereka satu persatu. Lebaran tahun ini usia uwak2 dari pihak suami semakin tua dan ada yang sedang sakit dan diopname di RS ... semoga mereka diberikan kesembuhan dan diberikan keadaan yang terbaik oleh Allah SWT.

Seperti tahun2 sebelumnya mbak Tini dan mbak Yani pulang ke kampung di Jawa Tengah untuk merayakan lebaran bersama keluarganya ... beruntung kali ini Mbak Malis tidak ikut pulang kampung karena baru saja pulang ke Aceh pada saat bapaknya meninggal dunia .. hanya pada hari raya ke 3 Mbak Malis menginap di saudaranya di Pasar Minggu. Setelah acara silaturrahmi yang "penting" selesai dilaksanakan, mulai dari H-2 sampai H+2 ... kami bisa bermalas2an di rumah karena mengambil cuti sampai tanggal 27 September 2009 ... wah bisa2 tambah gendut nih. Insya Allah tanggal 28 September nanti Afifa dan Fathur sudah mulai sekolah dan kami juga mulai masuk kantor ... hanya Hifzhan yang masih libur sampai tanggal 4 Oktober 2009. Semoga mbak Tini & mbak Yani dapat kembali ke Jakarta tepat waktu ... sebelum masa liburan berakhir.

Salam Ina

No comments: