Sunday, December 29, 2013

Minecraft Render (Tulisan Fathur)

Saat ini aku sangat suka membuat minecraft render dan teman-temanku di twitter sering meminta aku untuk membuat render sesuai keinginan mereka. Ibuku kadang-kadang agak kesal karena ketika akan menggunakan laptop nggak bisa karena aku sedang asyik membuat minecraft render tersebut di laptop yang memakan waktu lumayan lama. Akhirnya ibuku minta aku menulis tentang minecraft render di blog ini, mungkin berguna bagi yang suka minecraft render.

Minecraft render adalah foto karakter minecraft yang bergaya. Banyak software-software yg dapat membuat minecraft render contohnya: Cinema 4D, blender, maya, Mine-Imator, dll. Biasanya orang-orang yang membuat minecraft render juga membuat minecraft animation. Salah satu contoh gambar minecraft render buatanku:

Banyak tutorial-tutorial di Youtube yang menunjukkan bagaimana cara membuatnya di software-software tertentu seperti:  Cinema 4D, blender, maya, Mine-Imator, dll. Aku mulai membuat minecraft render sejak melihat punya teman-temanku yang dibuat dengan Novaskin Wallpaper. Sebenarnya itu gampang sekali, hanya memasukkan skin minecraft ke dalam wallpaper-wallpapernya. Aku berpikir cara itu terlalu gampang, teman-temanku di twitter juga tahu kalau itu dibuat di Novaskin Wallpaper. 

Aku menemukan salah satu cara lagi yang juga agak gampang yaitu membuat render di Novaskin minecraft skin editor. Di sana kita bisa mengedit skin minecraft kita dan menambahkan pose-posenya. Kemudian aku dapat info bahwa banyak orang-orang yang membuat render di Cinema 4D, tapi Cinema 4D itu tidak gratis. Lalu salah satu temanku memberitahu tentang Mine-Imator, kata temanku itu Mine-Imator itu lebih gampang dari Cinema 4D dan juga Mine-Imator itu gratis. Lalu setelah itu aku mencobanya. Minecraft render dapat di edit di photoshop, pizap, dll. 

Setelah mendownload, aku mencoba Mine-Imator. Aku masih bingung bagaimana menambahkan pose-posenya. Setelah diotak-atik, akhirnya aku menemukan caranya. Caranya adalah :

1. klik add dan pilih character/ block/ item/ scenery (lingkungan/semacamnya)
2. klik bar abu-abu yang masih kosong yang disamping kirinya ada tulisan character/  block/ item/ scenery 
3. akan muncul titik bewarna seperti ini

4. lalu kita bisa menambah pose-pose setelah muncul keyframe options seperti ini
5. untuk lain- lain seperti tombol background, kita bisa mengubah latar waktu,  dapat menghilangkan/memunculkan daratan dan langit, mengubah warna langit, menambahkan background

6. klik save as screenshot di pilihan atas
Silakan melihat hasil render buatan kita sendiri, bagus bukan ?

Biasanya orang-orang menggunakan minecraft render yang telah diedit sebagai profile picture di facebook, twitter, youtube, thumbnail video di youtube, channel art youtube, desktop wallpaper, dll. Kita juga dapat membuat animasi lho! Kita dapat menyaksikan tutorial-tutorialnya di Youtube. 

Sekian saja tulisanku kali ini.

Salam Fathur

1 comment:

Unknown said...
This comment has been removed by the author.