Wednesday, December 11, 2013

Reuni 30 tahun ITB'83

Hari ini, Rabu 11 Desember 2013 merupakan tanggal unik, karena jika ditulis dalam versi hh-mm-yy yaitu 11-12-13, akan ada tiga angka yang berurutan, penulisan seperti ini hanya akan berulang setiap 100 tahun sekali. 

Tulisan di bawah ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan tanggal unik tersebut, karena aku akan menulis tentang reuni 30 tahun ITB angkatan 1983. Ceritanya menyusul karena saat ini belum sempat ditulis, yang penting posting tanggal unik ini di"save" saja dulu :)

Reuni 30 tahun ITB angkatan 1983 diadakan pada hari Sabtu tanggal 30 November 2013 yang lalu di kampus ITB, Bandung. Acara berlangsung meriah dan berkesan banget yang dihadiri sekitar 500 - 600 orang alumni dari 22 jurusan yang tersedia pada masa perkuliahan kami dahulu. Tidak mudah memang mengumpulkan teman-teman seangkatan untuk sama-sama berkumpul kembali di kampus ITB, salut pada panitia yang telah bekerja keras mewujudkan acara reuni ini dan Alhamdulillah lancar dan sukses.

Persiapan reuni 30 tahun ini telah dimulai sejak bulan Januari 2013, diawali dengan pembentukan panitia inti, meluncurkan program "road to 30th" dan slogan Hirup Hurip Sauyunan yang senada dengan tag-line "Mari Berbagi" G'83, yayasan milik angkatan 1983. Program road to 30th ini menjadwalkan beberapa kegiatan pendahuluan reuni ITB'83, sebelum acara puncak reuni dilaksanakan. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain peluncuran poster stop tawuran yang bekerja sama dengan radio Prambors dan salah satu majalah remaja, turnamen golf, turnamen futsal, donor darah, green entrepreneur, buka puasa bersama, halal bil halal dan terakhir juga ada pembuatan sumur resapan, wow asyik ... hampir setiap bulan ada acara kumpul-kumpulnya.

Untuk memudahkan komunikasi, setiap jurusan ditunjuk 2 -3 orang PIC (person in charge) yang bertugas mengajak teman2 sejurusan untuk ikut acara puncak reuni 30 tahun tersebut. Kebetulan aku jadi salah satu PIC untuk jurusan TK yang bertugas antara lain meneruskan informasi dari panitia inti ke teman-teman sejurusan melalui mailing list, grup BBM, grup WhatsApp, facebook, SMS dan media komunikasi lainnya serta ditugaskan juga untuk mengumpulkan data dan foto teman2 sejurusan ketika kuliah dulu.

Mendekati hari "H" reuni ini, woro2 diluncurkan lebih sering, sehari bisa berkali2 muncul ajakan untuk reuni he..he, mungkin banyak juga teman-teman yang sebel dan merasa terganggu, karena tidak semua teman-teman merasa "perlu" untuk kumpul2. Tapi aku sebagai PIC cuek saja ... yang penting usaha. Pada hari "H" tersebut, untuk jurusan TK berhasil diajak sekitar 37 orang dari total 84 orang yang sama-sama masuk TPB (tahun pertama bersama) jurusan TK atau sekitar 44%, lumayan lah :). Senangnya ketemu teman2 lagi, apalagi ketemu teman2 yang sudah bertahun-tahun tidak pernah ketemu.

Acara reuni bersama ITB'83 ini dimulai setelah jam 11-an, sehingga pada pagi harinya, hampir semua jurusan membuat acara di jurusan masing-masing. Begitu pula jurusan TK, acara di jurusan ini juga dihadiri oleh dosen-dosen wali kami dahulu dan berlangsung secara sederhana namun berkesan di ruang Galeri TK.

Galeri TK ini adalah ruang pertemuan yang perlengkapan interiornya merupakan sumbangan dari alumni TK angkatan 1977. Ruangan ini bagus dan cukup keren, dindingnya dihiasi foto-foto pabrik dimana para  alumni TK pernah berpartisipasi ikut membangun pabrik tersebut melalui berbagai perusahaan.  Kami angkatan 1983 juga pernah menyumbang untuk perlengkapan ruang kuliah 5201 pada reuni 25 tahun (2008) yang lalu dan rencananya akan melakukan renovasi kembali ruang kuliah tersebut pada reuni 30 tahun ini. Semoga partisipasi alumni ini bermanfaat bagi adik2 dan mungkin juga anak2 kami yang sekarang sedang kuliah di jurusan TK.

Selesai acara di jurusan, peserta reuni dengan seragam jurusannya masing-masing yang warna warni, melakukan registrasi di lapangan basket kampus ITB. Setiap peserta reuni yang hadir diberi 1 angklung yang nantinya dimainkan bersama-sama, pin untuk nama, gelang karet dan juga setiap peserta yang hadir ekivalen dengan 1 pohon yang akan ditanam di kampus ITB Jatinangor, bagus kan idenya. Oh ya sebelum acara dimulai, ada parade marching band, sepeda onthel, kuda lumping dan juga Ladies Power'83 dengan berbagai kostum dan rambut wig kribo warna warni ikut memeriahkan suasana.

Nah di lapangan basket ini, pembawa acara mulai membuka acara dan diselingi lagu-lagu yang dimainkan oleh pemain band dan penyanyi yang disewa untuk menghibur para peserta reuni, tentu saja "mat kodak" setiap jurusan ikut mengabadikan tingkah laku narsis masing-masing dan juga ada kamera terbang pakai "remote control" yang mengabadikan acara kumpul2 di lapangan basket ini. Setelah itu peserta reuni yang memegang angklung diminta berdiri dan dengan dipandu oleh salah satu penyanyi, kami bermain angklung bersama-sama, seru banget dan keren.

Berikutnya adalah acara inti di aula barat kampus ITB, disini pembawa acaranya adalah MC yang telah sering tampil  di TV yaitu "Jodi" dan temannya perempuan (nggak tau namanya). Acara ini juga dimeriahkan oleh Musicology,  bandnya ITB'83 yang telah beberapa kali mendapat penghargaan dalam acara kontes antar band alumni ITB dan juga ada band beraliran rock yang keren banget yang dimainkan oleh GT'man ITB'83.

Luar biasa ..... teman-teman SR'83 telah membuat dekorasi lokasi dan panggung reuni yang keren, ada monumen gajah yang lucu dan wall of fame untuk foto2 yang lokasinya di sekitar lapangan basket dan juga spanduk setiap jurusan di sepanjang jalan menuju lapangan basket dan di area sekitarnya. Untuk di aula barat ada spanduk jurusan warna warni yang diikat dengan balon warna warni pula yang menambah semarak suasana ruangan acara.

Di aula barat ini teman-teman panitia sudah menyediakan  stand-stand makanan yang beragam dan enak-enak, ada sate Padang, bakso, bakwan, mie kocok, es campur, es cincau dll. yang bebas dinikmati oleh peserta reuni. Peserta dengan tertib mengikuti acara sambil duduk lesehan di karpet2 yang disediakan, menikmati makanan dan minuman dan tentu saja sambil ngobrol melepas kangen serta tak ketinggalan berfoto2 ria, ha...ha. Di layar panggung juga ditampilkan foto2 narsis masa perkuliahan dulu untuk setiap jurusan, ternyata kelakuan kami masih sama, suka foto rame2, walaupun rata2 umur kami sudah mendekati setengah abad, narsisnya nggak hilang juga :)

Pada acara reuni yang juga dihadiri oleh Rektor ITB ini, ada acara pemberian penghargaan kepada teman-teman kami yang telah mencapai karir yang tinggi di almamater ITB sebagai guru besar (profesor), ada lelang karya teman-teman SR'83 yang sebagian keuntungannya akan digunakan untuk membantu teman-teman ITB'83 yang sedang diuji dengan sakit dan kesusahan lainnya melalui yayasan G'83. Juga ada pemberian tali kasih bagi pasukan keamanan dan kebersihan kampus ITB, dan hadiah bagi pemenang green entrepreneur sebagai salah satu wujud tagline yayasan G'83 yaitu Mari Berbagi.

Selain itu, kami juga mendoakan dan mengenang teman-teman seangkatan yang telah mendahului kami, kembali pada Allah SWT Sang Pencipta. Tak disadari airmata ini menetes ... membasahi pipi, terbayang usia yang sudah beranjak senja, dosa yang mungkin cukup banyak, amal sholeh yang masih sedikit, bagaimana hisabku nanti ??. Mungkinkah di reuni yang akan datang, justru namaku yang muncul disana ? Wallahua'lam. Kematian adalah sesuatu yang pasti, hanya waktu, tempat dan penyebabnya yang kita tidak mengetahuinya. Semoga akhir hidupku husnul khatimah, mendapat rahmat, ampunan dan ridha Allah SWT dan dikenang sebagai anak, istri, ibu, kakak, adik, saudara dan sahabat yang baik. Aamiin.

Acara reuni ini berakhir sekitar pukul 5 sore, bagiku acara tersebut memberi kesan yang membahagiakan sekaligus mengharukan, ternyata kami masih kompak dan Alhamdulillah dianugerahkan-Nya kemudahan dan kesehatan untuk dapat menghadiri dan menikmati acara reuni ini. Untuk jurusan TK dan teman2 yang menginap di Bandung, malam minggunya kami kumpul2 kembali, makan malam bersama di resto "Congo" yang berlokasi di Dago atas, ngobrol-ngobrol dan juga foto-foto lagi ha...ha.

Sekali lagi terima kasih yang sebesar-besarnya, seluas-luasnya buat teman-teman panitia yang sudah bekerja keras menyiapkan acara reuni ini, yang tentu saja telah mengorbankan waktu kebersamaan mereka bersama keluarga, demi kesuksesan dan kelancaran acara reuni ini. Semoga persahabatan dan kebersamaan ITB'83 terus berlangsung sampai akhir hidup kami dan mendapat ridha Allah SWT dan semoga kami masih dapat melakukan acara kumpul-kumpul lagi di masa yang akan datang.

Proud to be ITB'83. Hirup Hurip Sauyunan. Mari Berbagi.

Salam Ina

No comments: