Sunday, September 03, 2006

Silaturrahmi

Weekend ini, kami bersilaturrahmi ketempat adik ipar kakakku di Cimanggis untuk melihat satu-satunya ponakanku (anak almarhumah kakakku) yang selamat dari tsunami, Fildzah namanya umurnya 14 tahun. Sekarang Fildzah sudah kelas III SMP dan tinggal bersama Omnya (adik dari papanya) di Cimanggis. Aku selalu berdoa semoga Fildzah bisa mandiri dan berhasil dalam hidupnya walau ke dua orangtua dan adik-adiknya sudah tiada … kami semua sangat menyayanginya.

Sering timbul keinginan untuk bersilaturrahmi ke saudara-saudara yang ada di Jakarta ini, namun kadang-kadang muncul rasa malas karena jalanan yang macet dllnya, andai saja Jakarta punya angkutan umum yang baik seperti MRT .. tentunya keinginan untuk bersilaturarhmi bisa lebih lancar.

Keadaan berbeda ketika aku pulang kampung minggu lalu, aku berusaha menyempatkan diri mendatangi saudara-saudara yang ada di Lhok Seumawe, Bireuen dan Banda Aceh … walau kadang hanya sekadar bersalaman saja karena waktu liburku sangat terbatas, mungkin karena tidak macet dalam satu hari lebih dari 5 rumah dapat kukunjungi. Efek yang kurasakan luar biasa … merasakan kegembiraan ketika bertemu … bisa sangat menghibur. Silaturahmi dalam agamaku memang dianjurkan …. Karena dengan bersilaturrahmi hubungan persaudaraan menjadi lebih erat … seperti kata hadis salah satu manfaat silaturahmi adalah memperpanjang umur. Wallahu A’lam.

Salam Ina

No comments: