Thursday, December 20, 2007

Hikmah Berqurban


Allahu Akbar
Allahu Akbar
Allahu Akbar
Lailahaillallahuwallahu Akbar
Allahu Akbar Walillahilhamd

Hari Raya 'Idul Adha atau 'Idul Qurban yang dirayakan hari ini adalah syari'at yang ditetapkan Allah SWT, seperti yang sama2 kita ketahui, syari'at ini telah ditunaikan dengan baik oleh keluarga Nabi Ibrahim AS ketika beliau mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih anaknya Ismail. Karena kepatuhan dan keikhlasan beliau berdua akhirnya Allah SWT yang Maha Kuasa menggantikannya dengan seekor kibas, dan Ismail tetap segar bugar dan juga kelak diutus menjadi Nabi ketika beliau sudah besar. Bagi Ibrahim AS dan Isma'il AS, ketaatan kepada Allah adalah segala-galanya, meskipun nyawa jadi tebusannya.

Beberapa hikmah ibadah qurban yang dikutip dari kutbah khatib saat shalat ‘Id antara lain:

Hikmah pertama dari sejarah ini adalah janji Allah SWT kepada hambanya .... Bagi siapa yang bertaqwa, Allah akan berikan solusi hidup, Allah akan berikan jalan keluar dari setiap krisis dan persoalan yang dihadapi. Dan Allah akan memberikan rizki yang datangnya tidak disangka dan diduga.

Hikmah kedua adalah napak tilas Nabi Ibrahim AS dan keluarganya atas perjuangan dan pengorbanan yang merupakan bukti ketaatan kepada Allah SWT. Ini adalah bentuk pengorbanan yang paling tinggi dalam sepanjang sejarah kehidupan manusia, sehingga Nabi Ibrahim mendapat gelar khalilullah atau kekasih Allah. Selain itu Nabi Ibrahim juga mendapat gelar abbul anbiyaa' atau bapak para Nabi. Bahkan setiap shalawat dan salam yang kita baca pada saat shalat juga ditujukan untuk Nabi Ibrahim bersamaan dengan shalawat dan salam yang kita sampaikan untuk Nabi Muhammad SAW.

Hikmah ketiga, penyembelihan hewan qurban merupakan simbol tentang pentingnya kita menghilangkan hawa nafsu kehewanan yang kadang-kadang muncul dalam diri manusia, agar kita lebih termotivasi dan lebih mengedepankan rasa kemanusiaan dan hati nurani kemanusiaan dari pada rasa kehewanan dan sifat-sifat hewan yang lainnya yang cenderung mengedepankan hawa nafsu.

Hikmah yang ke empat adalah, di hari yang agung dan mulia ini, disatukannya manusia di satu tempat dilapangan penuh debu Padang Arafah melaksanakan prosesi ibadah haji. Mereka semua berpakaian serba putih dan menanggalkan segala pakaian yang lain. Maknanya adalah semua manusia mempunyai kedudukan yang sama. Tidak ada yang lebih tinggi atau yang lebih mulia di hadapan Allah SWT kecuali didasarkan atas kadar ketaqwaannya.

Semoga semangat dan keiklasan untuk berqurban selalu tertanam dalam jiwa kita semua. Semoga ibadah qurban kita diterima dan mendapat ridha Allah SWT.
Selamat Idul Adha 1428H.

Salam Ina
.

No comments: