Tuesday, December 25, 2007

Uang Digital

Assalamualaikum.

Teknologi makin gokil aja, sekarang ada teknologi baru yaitu uang digital dari HP & kartu RFID. Secara umum kartu RFID ada 3 jenis, berupa RFID pasif, semipasif, dan aktif. Disebut pasif karena tidak membutuhkan sumber tenaga, menjadi aktif ketika pembaca RFID berada dekat dan memberikan tenaga listrik, sedangkan semipasif dan aktif memiliki sumber tenaga khusus biasanya baterai kecil. Kelemahan dari semua jenis RFID terutama adalah pada antena yang bentuknya sekitar 80 kali lebih besar dari chipnya sendiri.

Uang digital ini bisa dipakai untuk transaksi otomatis, seperti bayar tarif tol, dll. Teknologi ini udah dipake oleh negara maju, seperti Jepang (udah pasti lah), AS, bahkan negara berkembang seperti Filipina juga udah.

Meski begitu tidak mudah bagi PT Telekomunikasi Seluler (TELKOMSEL) untuk merintis uang digital ini. Sebab, selain harus melakukan sosialisasi dan membangun perangkat pendukungnya, perangkat hukum mengenai hal itu juga tak kunjung disetujui rakyat. Mudah – mudahan teknologi ini makin maju. By2

Salam Hifzhan.

No comments: